Berita Islam – Berita Utama – Kazi Nazrul Islam – Para Penyair Nasional Bangladesh: Studi Profil

Kazi Nazrul Islam – Ia dikenal sebagai Bidrohi Kobi – The Rebel Penyair Bengal The Penyair Nasional Bangladesh dan lebih benar-benar Penyair Dunia.

Nazrul berkata Meskipun saya lahir di negeri ini Benggala dalam masyarakat ini saya tidak hanya milik negara ini masyarakat ini saya milik. Kepada dunia. Nazrul Rochonaboli Bangla Academy Vol. hal.

Dia adalah seorang penyair yang sangat serbaguna penulis lirik dan penulis yang terdiri ayat-ayat indah dari puisi prosa lagu dan musik klasik.

Nazrul dikenal sebagai penyair Rebel dalam sastra Bengali dan Bulbul atau Nightingale dari Bengali musik adalah salah satu tokoh paling berwarna Benggala terbagi. Dia dapat dianggap sebagai pelopor pasca-modernitas Tagore dalam bahasa Bengali puisi. Jenis baru dari puisi yang ia tulis dimungkinkan munculnya modernitas dalam bahasa Bengali puisi selama -an dan -an. Puisi lagu novel cerita pendek drama dan kegiatan politik menyatakan protes keras terhadap berbagai bentuk penindasan – perbudakan komunalisme feodalisme dan kolonialisme – dan memaksa pemerintah Inggris tidak hanya untuk melarang banyak bukunya tetapi juga untuk menempatkan dia dalam penjara. Sementara di penjara Kazi Nazrul lslam sekali berpuasa selama hari untuk memprotes tirani pemerintah kemudian Inggris.

Kazi Nazrul Islam lahir pada Mei di Churulia desa Bardhawan di Bengal Barat India. Ibunya Zaheda Khatun dan ayahnya Kazi Fakir Ahmed adalah Imam dari masjid desa setempat. Kedua dari tiga putra dan satu putri Nazrul kehilangan ayahnya pada tahun ketika dia hanya tahun dan ayahnya meninggal pada usia . Julukan Nazrul adalah Dukhu Mia malang chap nama yang tepat mencerminkan kesulitan dan kesengsaraan hak hidupnya dari tahun-tahun awal. Kematian dini ayahnya memaksanya pada usia menjadi Muazzin pemanggil untuk doa dari mesjid setempat. Ini paparan awal prinsip-prinsip dan praktek-praktek Islam adalah untuk memiliki dampak yang signifikan terhadap usahanya kemudian sastra.

Pada tahun pada usia tahun Nazrul kembali ke kehidupan siswa mendaftar di kelas VI. Kepala Sekolah dari sekolah mengingat dia dalam kata-kata berikut Dia kecil dan tampan selalu yang pertama menyambut saya saya digunakan untuk tersenyum padanya dan menepuk punggung Dia sangat pemalu…

Sekali lagi kesulitan keuangan memaksa dia untuk meninggalkan sekolah setelah kelas VI dan Mia Dukhu berakhir sebagai juru masak di sebuah toko roti dan teh-toko di Asansole.

Di masa mudanya Nazrul bergabung dengan kelompok folk-opera terinspirasi oleh pamannya Bazle Karim yang sendiri terkenal karena menciptakan lagu dalam bahasa Arab Persia dan Urdu. Sebagai anggota ini rakyat opera kelompok Nazrul muda itu tidak hanya seorang pemain namun mulai menulis puisi dan lagu sendiri. Nazrul keterlibatan dengan kelompok itu pengaruh formatif penting dalam karir sastranya.

Nazrul disampaikan kepada kehidupan yang keras dengan keberanian yang khas. Pada tahun Nazrul melarikan diri dari kerasnya toko teh untuk memasukkan kembali sebuah sekolah di desa Darirampur Trishal di Mymensingh kabupaten. Meskipun Nazrul harus pindah sekolah dua atau tiga kali ia berhasil terus sampai kelas X dan pada dia bergabung dengan Tentara India ketika anak laki-laki seusianya sibuk mempersiapkan pemeriksaan pra-tes matrikulasi.

Selama hampir tiga tahun hingga Maret-April Nazrul bertugas di tentara dan dipromosikan ke peringkat Havildar Batalyon Triwulan Guru. Bahkan sebagai seorang prajurit ia melanjutkan aktivitasnya sastra dan musik penerbitan karya pertamanya The Autobiography dari sebuah Bermasalah Saogat Mei dan puisi pertamanya Kebebasan di Bangiya kaum musalman. Sahitya-Patrika Juli selama postingan di Karachi kantonisasi. Apa yang luar biasa adalah bahwa bahkan ketika dia berada di Karachi ia berlangganan secara teratur kepada majalah terkemuka sastra kontemporer yang diterbitkan dari Calcutta seperti Prabasi Bharatbarsha Bharati Saogat dan lainnya.

Ketika setelah Perang Dunia di Benggala ke- Resimen dibubarkan Nazrul kembali ke Calcutta untuk memulai hidupnya jurnalistik dan sastra. Puisi esai dan novel mulai muncul secara teratur di sejumlah majalah dan dalam setahun ia menjadi terkenal tidak hanya untuk para intelektual Muslim terkemuka dari waktu tapi juga diterima oleh pembentukan Hindu sastra di Calcutta. Pada tahun Nazrul pergi ke Santiniketan untuk memenuhi Rabindranath Tagore – nya master-penyair sumber inspirasi …

Pada tahun yang sama Nazrul sudah bertunangan dan akan menikah dengan cinta sejatinya – Nargis keponakan dari terkenal penerbit Muslim Ali Akbar Khan di Daulatpur Comilla tapi pada hari pernikahan Juni Nazrul tiba-tiba mundur pada saat terakhir dan meninggalkan tempat karena beberapa kesalahpahaman serius dan ketidaksepakatan. Namun banyak lagu dan puisi mengungkapkan luka yang mendalam bahwa pengalaman ini dibebankan kepada Nazrul muda dan cintanya tersisa untuk Nargis.

Pada tahun Nazrul menerbitkan volume singkat cerita Byathar Dan Karunia Kesedihan antologi puisi Agnibeena sebuah antologi esai Yugabani dan majalah dwi-mingguan Dhumketu. Sebuah puisi politik diterbitkan dalam Dhumketu pada bulan September menyebabkan penyerbuan polisi pada kantor majalah tersebut larangan-Nya antologi Yugabani dan pemenjaraan ketat satu tahun untuk penyair sendiri.

Pada tanggal April ketika Nazrul lslam dipindahkan dari penjara ke penjara Alipore Hooghly ia mulai berpuasa untuk memprotes perlakuan buruk oleh seorang pengawas penjara Inggris. Segera Rabindranath Tagore yang didedikasikan bermain musiknya Basanta untuk Nazrul mengirimkan sebuah telegram mengatakan Menyerah mogok makan sastra kita mengklaim kamu tapi telegram itu dikirim kembali ke pengirim dengan cap penerima tidak ditemukan .

Nazrul pecah puasanya lebih dari sebulan kemudian dan akhirnya dibebaskan dari penjara pada Desember . Tanggal April Kazi Nazrul lslam menikah dengan seorang wanita Hindu Pramila Devi dan menetap tinggal di Hooghly. Sebuah antologi puisi Banshi Bisher dan sebuah antologi lagu Bhangar Gan diterbitkan akhir tahun ini dan kedua volume disita oleh pemerintah. Nazrul segera menjadi aktif terlibat dalam politik bergabung dengan aksi unjuk rasa dan pertemuan dan menjadi anggota dari Benggala Provinsi Kongres Komite. Dia juga berperan aktif dalam pembentukan sebuah partai buruh dan tani.

Pada tahun Nazrul pergi dan menetap di Krishnanagar. Lagu-lagunya patriotik dan nasionalistik diperluas cakupannya untuk mengartikulasikan aspirasi dari kelas tertindas. Musiknya benar-benar menjadi orang yang berorientasi pada daya tariknya. Beberapa lagu terdiri pada tahun dan merayakan persaudaraan antara Hindu dan Muslim dan perjuangan massa memunculkan apa yang disebut musik massal. Kreativitas musik Nazrul yang menobatkan dirinya tidak hanya sebagai komposer egaliter musik massal tetapi juga sebagai inovator dari Bengali Ghazal.

Dua bentuk musik untuk massa dan ghazal dicontohkan dua aspek dari penyair muda perjuangan dan cinta. Nazrul menyuntikkan maskulinitas revitalisasi dan kemudaan ke dalam musik Bengali. Meskipun kesulitan penyakit kemiskinan dan lainnya Nazrul menulis dan menulis beberapa lagu terbaiknya selama tinggal Krishnanagar nya.

Dari ke Nazrul menjadi terlibat langsung dengan Perusahaan Gramophone Guru Nya Voice sebagai komposer penulis lirik dan pelatih dan banyak catatan lagu Nazrul dinyanyikan oleh beberapa yang paling terkenal penyanyi dari waktu diproduksi. Perusahaan India yang baru didirikan Penyiaran juga terdaftar sebagai penulis lirik Nazrul dan komposer dan dia tetap aktif terlibat dengan perusahaan gramofon beberapa Radio sampai hari-hari terakhirnya bekerja. Lagu Nazrul yang diminati di panggung juga. Dia tidak hanya menulis lagu untuk memainkan sendiri tapi murah hati memberikan lirik dan mengatur mereka untuk menyempurnakan untuk sejumlah terkenal dramawan dari waktu.

Pada tahun resepsi nasional berwarna-warni ini diberikan kepada Nazrul di Calcutta dan dihadiri oleh orang-orang terkemuka seperti ilmuwan Acharya Prafulla Chandra Ray Barrister S. Wajid Ali dan Subashchandra Bose.

Di tengah kegiatan produktif tragedi terjadi dua kali dalam suksesi cepat pertama ibu Nazrul meninggal pada tahun tahun kemudian tahun itu Bulbul anak lama meninggal karena cacar lima bulan setelah kelahiran Shabyashachi putra keduanya.

Antara dan Nazrul dipublikasikan volume lagu-lagu yang mengandung lebih dari lagu yang lebih dari didasarkan pada ragas klasik hampir orang rakyat dan lagu kirtans dan sekitar lagu-lagu patriotik dan lainnya. Dengan demikian selama tahun Nazrul membentuk dasar yang kuat klasik di Musik Bengali. Nya lagu ditangani dengan tema

cinta alam keilahian dan nasionalisme

Pada tahun Vidyapati film yang diproduksi berdasarkan bermain Nazrul yang dicatat. Pada tahun yang sama Rabindranath Tagore baru Gora difilmkan dengan Nazrul sebagai direktur musik dan termasuk salah satu lagu sendiri. Pada bulan Juni bermain penting Sachin Sengupta itu Siraj-ud-daulah itu dipentaskan. Lagu-lagu dan musik ditulis dan disutradarai oleh Nazrul. Permainan dan lagu bertemu dengan keberhasilan yang belum pernah terjadi sebelumnya sehingga rekaman gramofon dibuat dan pada saat itu sering terdengar di hampir setiap rumah tangga Bengali.

Pada bulan Oktober hubungan Nazrul dengan Kalkuta Radio diresmikan dan program musik banyak disiarkan secara langsung di bawah pengawasannya. Yang layak disebut adalah program berorientasi kritis dan penelitian seperti Haramoni dan Navaraga-malika.

Selama perusahaan rekaman yang berbeda menerbitkan sebanyak lebih dari catatan di antaranya adalah lagu Nazrul itu. Jumlah lagu yang tidak tercatat itu mungkin dua kali lebih banyak. Lagu Nazrul itu juga disiarkan dari Radio Dhaka. Tren ini terus berlanjut sepanjang dengan lagu-lagu berdasarkan ragas berbeda dan balada naratif. Selain ini Nazrul sesekali mengambil bagian dalam pembacaan dan komentar dari Ouran Kudus.

Pada awal Sher-e-Bangla Fazlul Huq dimulai kembali penerbitan surat kabar harian Nabayuga New Age . Nazrul adalah Pemimpin Redaksi-nya kembali ke dunia jurnalistik pada tahap akhir dari kehidupan yang aktif. Pada tanggal Agustus Rabindranath Tagore meninggal. Nazrul spontan terdiri dua puisi dalam memori Tagore yang satu disiarkan dan dibukukan di gramofon. Dalam setahun Nazrul dirinya jatuh sakit parah dan secara bertahap kehilangan kekuatannya berbicara sedang dilanda cerebral palsy. Setelah itu dari Juli sampai kematiannya pada Agustus penyair menghabiskan tahun dalam diam bisu tidak dapat berbicara bahkan satu kata.

Pada bulan Oktober gangguan mental diatur dalam Nazrul dan dirawat di Rumah Sakit Taman Lumbini Mental di Calcutta tapi tidak ada perbaikan dalam kondisi mental dan dia mulai kehilangan ingatannya. Pada saat itu meski telah memperoleh jumlah mewah melalui musik ia juga menghabiskan sembarangan dan dalam kesulitan keuangan. Banyak dari teman-teman lamanya berpaling dalam saat gelap dan ia menjadi semakin sakit hati sebagaimana dibuktikan dalam surat ini kepada teman Zulfikar Haider pada tanggal Juli

… Saya tidur-dikuasai karena tekanan darah. Saya menulis dengan susah payah. Rumah saya penuh dengan kekhawatiran penyakit utang kreditur siang dan malam saya berjuang.

Saraf … saya yang hancur. Selama enam bulan terakhir saya sering mengunjungi Mr Haque AK Fazlul Haque Menteri Kepala Benggala tak terbagi setiap hari dan menghabiskan – jam seperti pengemis … saya tidak dapat memiliki bantuan medis yang berkualitas …

Ini mungkin surat terakhir saya kepada Anda. Dengan hanya kesulitan besar saya bisa mengucapkan beberapa kata. Saya sakit hampir di seluruh tubuh saya. Aku bisa mendapatkan uang seperti Firdausi penyair pada hari doa pemakaman janajar shalat .

Namun saya telah meminta keluarga saya untuk menolak uang itu.

Salam

Nazrul

Sumber Dr Sushilkumar Gupta Nazrul Choritmanosh Kalkuta Penerbitan De hal.

Nazrul memasuki dunia isolasi meningkat meskipun masih dihormati oleh Bengali. Pada tahun Universitas Calcutta diberikan kepadanya Jagattarini medali Emas. Pada tahun ia dipindahkan ke Rumah Sakit Jiwa Ranchi dari mana ia dikirim ke London untuk perawatan atas inisiatif dari Masyarakat Pengobatan Nazrul yang dibentuk dan dibiayai oleh beberapa pengagum bersemangat ketika mereka datang untuk mengetahui kesulitan keuangannya.

Beberapa dokter terkemuka di London termasuk Sir William Sargent yang berpendapat bahwa pengobatan awalnya tidak memadai dan tidak lengkap. Setelah itu Nazrul dibawa ke Wina di mana kondisinya didiagnosa sebagai tak tersembuhkan. Dia dan keluarganya kembali ke India pada bulan Desember . Ia menghabiskan sisa hidupnya dalam penderitaan sama sekali.

Sebelumnya istrinya Pramila Devi telah menjadi sakit pada dan meskipun lumpuh dari pinggang ke bawah ia menghabiskan tahun berikutnya dari hidupnya merawat suaminya hingga kematiannya pada usia pada Juni . Sesuai keinginan terakhirnya ia dimakamkan di tempat kelahiran suaminya Churulia. Nazrul putra Aniruddha meninggal pada pada usia dan Shabyashachi pada tahun pada usia .

Pada tahun Nazrul dianugerahi Padmabhushan Judul oleh Pemerintah. India. Pada tahun Rabindra Bharati University menghormatinya D. Gelar Lit. Menurut Nazrul itu pengakuan tertinggi yang pernah ia dihargai adalah ketika tuannya-penyair inspirasi hidupnya Rabindranath Tagore mendedikasikan nya Bashanto opera Nazrul mengatakan bahwa Nazrul telah mengantar Bashanto Spring dalam kehidupan Bangsa sehingga mengakui dia sebagai penyair indah.

Ketika dalam kesehatan yang baik Nazrul sebelumnya datang ke Dhaka pada bulan Desember untuk menghadiri ulang tahun ke dari stasiun radio Dhaka. Pada tahun Pemerintah dalam pengasingan di Bangladesh terus membayar pensiun karena dia oleh Pemerintah Pakistan Timur. Setelah pembebasan Bangladesh atas permintaan dari Pemerintah Bangladesh Pemerintah India diizinkan Nazrul yang akan diambil untuk tinggal di Bangladesh dengan keluarganya.

Nazrul tiba pada tanggal Mei sebagai tamu dari Pemerintah Bangladesh dan diberikan penghargaan karena. Presiden dan Perdana Menteri memberi penghormatan mereka kepada-Nya. Pada tahun Universitas Dhaka diberikan kepadanya derajat Doktor Sastra. Pada tahun Pemerintah diberikan kepadanya Ekushey Padak Medali Emas.

Pada tanggal Juli Nazrul dipindahkan ke Rumah Sakit Pasca Sarjana untuk pengawasan medis terus menerus. Dia menghabiskan satu tahun tersisa satu bulan dan delapan hari hidupnya di sana. Menjelang akhir Agustus kondisinya memburuk suhu tubuhnya melonjak ke lebih dari derajat dan pada tanggal Agustus ia menghembuskan nafas terakhir di

Segera setelah kematian Nazrul yang disiarkan dari Radio dan TV penyebaran berita seperti api liar dan menjerumuskan bangsa Bengali dalam kegelapan mendalam. Kehidupan datang terhenti di Dhaka saat ribuan pria dan wanita berbaris untuk memiliki sekilas terakhir jenazah penyair pemberontak di Pusat Guru-Siswa dari Universitas Dhaka.

Pukul sore pada hari yang sama Kazi Nazrul Islam dimakamkan dengan kehormatan penuh negara di samping masjid Universitas Dhaka. Sekarang hampir tiga dekade setelah kematiannya Kazi Nazrul Islam berada di hati jutaan warga Bangladesh sebagai penyair nasional mereka.

Muncul dari keterbelakangan keseluruhan dari Muslim Bengal pada tahun Nazrul disuntikkan masyarakat dengan rasa yang sangat dibutuhkan kepercayaan diri. Hampir tunggal sendirian Nazrul membawa kebangkitan antara Bengali Muslim dan memimpin mereka ke dalam modernitas. Jenius Nazrul mencapai mustahil dan bangsa Bengali tetap selalu berhutang padanya.

Bangladesh terhormat itu sendiri dengan menghormati Kazi Nazrul Islam dengan kewarganegaraan Republik Rakyat Bangladesh. Sekarang di seluruh dunia Nazrul dikenal sebagai Penyair Nasional Bangladesh.

Pada saat ia meninggal dunia di Dhaka pada Agustus – setelah menghabiskan tahun dalam siksaan paralitik – dia telah menjadi legenda contoh dari sensibilitas keagamaan yang tidak dibatasi oleh definisi abstrak tapi mendefinisikan dirinya riwayat pengabdian empati dan kreativitas. Dia adalah Penyair Rebel. Visinya humanistik filsafat dan jiwa melampaui batas-batas ortodoks banyak. Dia juga sangat down-to-bumi maatir-manush komunikasi nya begitu sederhana dan lurus ke depan yang dapat dipahami oleh massa.

Pada masa perjuangan Kemerdekaan India dan Bengal Undivided Nazrul selalu percaya pada kekuatan Hindu-Muslim Unity. Menjadi seorang Muslim ia sendiri menikah dengan seorang wanita Hindu Pramila Devi dan juga menulis lagu devosional – Shyama Sangeet – yang didedikasikan untuk Dewi Hindu – Ma Kali. Dia layak untuk dikenal sebagai penyair yang sangat serbaguna penulis lirik dan penulis. Dia adalah massa berorientasi revolusioner tokoh sastra selalu memprotes fanatisme ketidakadilan ekstremisme fanatisme penindasan eksploitasi dan ketimpangan dari semua jenis. Dia adalah aktivis yang berani dan tak gentar selalu ditakuti oleh pembentukan. Dia adalah seorang advokat yang penuh gairah kerukunan beragama selalu menganjurkan lebih baik hindu-muslim hubungan. Melalui lagu dan puisi ia disebarkan nilai-nilai universal cinta perdamaian toleransi kebebasan keadilan harmoni dan kerjasama. Sebagai persona ia memiliki jiwa manusia tangguh dan penuh cinta keberanian kreativitas kemanusiaan dan romantisme. Dia sangat ramah tamah dan penuh kasih dan bisa mengekspresikan perasaannya dengan cara yang paling indah melalui tulisan-tulisannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s